SINDONEWS: Siskal ITS Buka Program Double Degree Master dengan Wismar Jerman

Selasa, 8 Agustus 2017 – 17:30 WIB

Siskal ITS Buka Program Double Degree Master dengan Wismar Jerman
Rombongan dari ITS saat berdiskusi terkait kerja sama dengan tim dari Wismar University Jerman. Foto/SINDOnews/Masdarul Kh
A+ A-
SURABAYA – Setelah sukses dengan program Double Degree (DD) tingkat sarjana, Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini melanjutkan membuka program DD untuk tingkat master. Program yang bekerja sama dengan University of Wismar (HSW), Jerman ini sebagai lanjutan dari program DD yang telah dijalin sejak tahun 2011.

Program DD Master dengan gelar Master of Marine Engineering (M.Eng) ini berdurasi minimal empat semester. Dua semester di Indonesia (semester 1 dan 3), satu semester di Jerman (semester 2) dan satu semester akhir (semester 4) opsional bisa dilaksanakan di Indonesia atau Jerman.

Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Dr Eng M Badrus Zaman, MT mengatakan, program DD master ini merupakan upaya membawa Siskal ITS ke kancah internasional. “Ini adalah kelanjutan Program DD sarjana yang sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu. Langkah ini merupakan upaya membuka peluang meningkatkan kerjasama riset, meningkatkan publikasi serta kerjasama lain,” ujarnya di ITS, Surabaya, Selasa (8/8/2017).

Bahkan, lanjut pria lulusan program doktor di Kobe University, Jepang tersebut, langkah ini akan menjadi pembuka peluang kerja sama ITS, khususnya Siskal, dengan beberapa universitas di negara-negara lain di benua Eropa dan belahan dunia lainnya.

Program ini telah disepakati bersama di Jerman dengan Rektor Wismar University pada saat kunjungan Rektor ITS dengan tim manajemen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ke Jerman, pada Juli 2017 lalu.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD berharap, agar program ini bisa berjalan lancar dan sukses sesuai dengan cita-cita yang diharapkan. Bahkan, program ini merupakan upaya mendukung berjalannya misi ITS menuju World Class University (WCU).

Diungkapkan Badrus, biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau tuition fee untuk program DD master ini ditetapkan sebesar Rp25 juta per semester. Syarat menjadi mahasiswa adalah harus sudah bergelar S1 engineering atau teknik segala jurusan dan memiliki TOEFL 490. Kuliah akan dimulai awal September 2017 di Kampus ITS Surabaya.

“Nantinya akan diberikan matrikulasi bagi mereka yang lulusan S1 teknik di luar Teknik Sistem Perkapalan atau yang tidak ada hubungannya,” ucap Badrus lagi.

(kri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>