REPUBLIKA: ITS dan Wismar Jerman Buka Prodi Magister Gelar Ganda

Selasa , 08 Agustus 2017, 16:11 WIB
Rep: Binti Sholikah/ Red: Ilham Tirta
ITS

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember--ITS--, Surabaya

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember–ITS–, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Departemen Teknik Sistem Perkapalan (DTSP) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dengan pihak University of Wismar (HSW) Germany membuka program studi Double Degree (DD) Master of Engineering (M.Eng) di bidang Marine Engineering. Program tersebut lanjutan dari program Double Degree untuk Bachelor program bersama ITS-HSW sejak 2011.

Program DD Master tersebut berdurasi minimal empat semester. Dua semester di Indonesia (semester 1 dan 3), satu semester di Jerman (semester 2) dan satu semester akhir (semester 4) opsional dilaksanakan di Indonesia atau Jerman.

Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Badrus Zaman mengatakan, program DD master ini merupakan upaya membawa Siskal ITS kekancah international. Program tersebut adalah kelanjutan Program DD Sarjana yg sudah berjalan sejak 2011. Menurutnya, langkah ini merupakan upaya membuka peluang meningkatkan kerja sama riset, meningkatkan publikasi serta kerja sama lain.

“Bahkan, ini akan menjadi pembuka peluang kerja sama ITS, khususnya Siskal dengan universitas di negara lain di Eropa dan belahan dunia lainnya,” kata Badrus seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/8).

Program ini telah disepakati bersama di Jerman dengan Rektor Wismar University pada saat kunjungan Rektor ITS dengan tim Manajemen Departemen Teknik Sistem Perkapalan pada Juli 2017. Badrus menyebut, biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau tuition fee untuk program DD master ini ditetapkan sebesar Rp 25 juta per semester. Syarat menjadi mahasiswa, di antaranya harus sudah bergelar S1 engineering atau teknik segala jurusan dan memiliki TOEFL 490.

Kuliah akan dimulai awal September 2017 di Kampus ITS Surabaya. “Nantinya akan diberikan matrikulasi bagi mereka yang lulusan S1 teknik di luar Teknik Sistem Perkapalan atau yang tidak ada hubungannya,” kata lulusan doctor di Kobe University Jepang tersebut.

Rektor ITS, Joni Hermana berharap agar program kerja sama DD Master tersebut berjalan lancar dan sukses sesuai cita-cita yang diharapkan. “Bahkan program ini merupakan upaya mendukung berjalannya WCU (World Class University),” ujarnya.

Pendaftaran dan pengiriman persyaratan berlaku hingga akhir Agustus 2017. Berkas pendaftaran dapat dikirim ke Saut Gurning selaku Kaprodi Pasca Sarjana Teknik Sistem Perkapalan ITS ke email sautg@its.ac.id atau sautgurning@gmail.com; Eddy Koenhardono selaku Sekprodi Pascasarjana Teknik Sistem Perkapalan, dengan email koenhardono@gmail.com; atau Dwi Priyanta Sekprodi DD Bachelor program, ke email priyanta@its.ac.id atau priyanta@gmail.com.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/17/08/08/oud075361-its-dan-wismar-jerman-buka-prodi-magister-gelar-ganda